MANGKE COMPANY

SITUS DAGANG DENGAN BERBAGAI ARTIKEL YANG MEMBANTU ANDA DALAM MENCARI KEBUTUHAN ANDA

CARA AMPUH HAPUS APLIKASI BANDEL

POSTINGAN 23 OKTOBER 2008

To contact us:

Phone: (+62341)9159125 (sms only)

E-Mail : Info@mangkecompany.net78.net

Donasi

CARA AMPUH HAPUS APLIKASI BANDEL

 

Ponsel dengan aplikasi symbian memang punya keleluasaan menjalankan aplikasi pihak ketiga. Tapi jangan salah, tidak semua aplikasi symbian (bekstensi SIS) bisa diinstal. Ini karena system operasi symbian memiliki tiga generasi yang berbeda terutama di symbian seri 60 (S60).

Generasi pertama atau rilis satu (1st edition) terdiri dari nokia 7650, 3650, 3660, N-Gage, QD. Sedangkan yang termasuk rilis dua (2nd edition) yakni 6600, 6630, 7610,6680, 6681, 6670,3230, N70 dan beberapa lainnya. Yang termasuk rilis tiga (3rd edition) adalah mulai dari 3250, 5500, seri N dan seri E (kecuali N70). Ketiga generasi itu merupakan refleksi dari peningkatan kompatibilitas atau kemampuannya. Spesifikasinya pun memiliki perbedaan, salah satunya pada ukuran resolusi layar. Disymbian S60 rilis 1 dan 2, resolusi layar sudah dipatok 176x208 piksel. Sementara di S60 rilis 3 cendrung lebih fleksibel. Sebagai contoh nokia E61 memiliki resolusi 320x240 sedangkan E60 adalah 128x160.

Karena perbedaan inilah para pembuat aplikasi harus menyesuaikan dengan platform yang sudah ditentukan. Jadi ada aplikasi yang tidak dapat dibuka diponsel symbian tipe lain walaupun sesama symbian. Apabila itu tetap anda lakukan dengan menginstal aplikasi yang tidak sesuai dengan tipe ponsel, maka akan menyebabkan sulitnya meenghapus file instaler meskipun aplkasi tersebut gagal terpasang. Ini biasanya terjadi diponsel symbian seri ketiga. Kemungkinan yang lain adanya bug pada aplikasi tersebut. Kemudian anda malah merestore ponsel akhirnya aplikasi itu menjadi terdampar dan tidak bisa terhapus. Sementara untuk melakukan instalasi ulang tidak dimungkinkan karena selalu muncul notifikasi “Unable to instal”. Dimenu aplication manager sendiri tidak terdapat menu delete (hapus). Jalan satusatunya anda harus menghapusnya secara manual.  Saya akan mengajarkan anda cara melakukannya:

 

1.         hubungkan ponsel ke PC via kabel data.

2.        pada layar ponsel akan muncul beberapa pilihan mode, pilih ‘Data Transfer’ (atau Mass Storage). Jangan memilih PC Suite.

3.        ponsel akan berubah ke mode offline, klik OK.

4.       sekarang buka windows explorer di PC, pilih drive memori ponsel, contohnya memori ada drive ‘E’.

5.        masuk ke folder \private\10202dce.

6.        kita akan melihat file instalasi aplikasi tadi (.sis), silakan dihapus. Cara ini bisa dilakukan pada aplikasi yang terinstal atau dicopy dikartu memory.

 

Cara kedua yakni dengan bantuan aplikasi file manager buatan pihak ketiga seperti Ybrowser atau Sexplorer. Lalu hapus file seperti pada langkah ke 5 cara pertama. Jika cara diatas dilakukan dengan benar dan tepat, maka ganguan ponsel dari aplikasi yang tidak dapat dihapus sirna.

 

Goodluck..