MANGKE COMPANY

SITUS DAGANG DENGAN BERBAGAI ARTIKEL YANG MEMBANTU ANDA DALAM MENCARI KEBUTUHAN ANDA

BEBERAPA ERROR PADA KOMPUTER

POSTINGAN 23 OKTOBER 2008

To contact us:

Phone: (+62341)9159125 (sms only)

E-Mail : Info@mangkecompany.net78.net

BEBERAPA ERROR PADA KOMPUTER

 

 

Komputer merupakan alat yang multiguna bagi manusia. dapat digunakan untuk bekerja, bermain, berbisnis, dan lain sebagainya. Tetapi bagaimana bila tiba-tiba komputer itu rusak. Jangan kawatir bila kerusakan hanya pada sistem operasinya saja. Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana membetulkan sendiri komputer yang rusak tanpa harus memanggil tukang service. Selain belajar juga mencari pengalaman memperbaiki komputer sendiri. Cukup- mengasyikkan kok.

 

 

 

KOMPUTER TIDAK DAPAT MASUK KE WINDOWS

Kerusakan ini terdapat pada error di sistem operasi seperti pada Windows XP. Anda jangan langsung mengistall ulang komputer anda. Karena ini merupakan kerusakan ringan tanpa harus mengistal ulang sistem operasi. Biasanya terjadi pada Master Boot Record atau Boot Sector. Bila emang gejala ini yang terjadi yaitu PC tidak dapat masuk kedalam Windows, anda masukkan CD Windows XP kedalam CD-ROM lalu masuk kedalam consol dengan menekan tombol [R] untuk memperbaiki. Pada jendela Command Prompt ketik FIXMBR<spasi>C: untuk memperbaiki Master Boot Record kemudian tekan enter. Atau kalau masih belum dapat berjalan normal coba ketik FIXBOOT<spasi>C: untuk memperbaiki Boot Sector lalu tekan enter.

 

 

 

TERDENGAR BEBERAPA BUNYI BEEP DARI KOMPUTER KETIKA BOOTING

Bunyi beep itu membantu anda untuk mengidentifikasi kerusakan pada komputer. Karena pada fungsi normalnya apabila komputer pertama kali dinyalakan akan keluar bunyi beep pendek sekali. Dan jika saat itu terdengar bunyi beep lebnih dari sekali, maka dapat dimungkinkan bahwa komputer anda mengalami kerusakan. Tetapi anda dapat mempelajari kerusakan dari bunyi beep yang keluar dari komputer anda ketika booting. Saya akan memberikan beberapa petunjuk yang paling sering dialami komputer error:

 

Pada AMI BIOS:

1 beep Refresh Failure

2 beeps Parity Error

3 beeps Base 64k Memory Failure

4 beeps Timer Not Operasional

5 beeps Processor Error

6 beeps 8042 Gate A20 Failure

7 beeps Processor Exception Interrupt Error

8 beeps Display Memory Read/Write Failure

9 beeps ROM Checksum Error

10 beeps CMOS Shutdown Register Read/Write Error

11 beeps Chace Memory Bad

 

Pada AWARD BIOS:

1 short : System Boot Succesfully

2 short : CMOS Setting Error

1 long 1 short : DRAM or M/B Error

1 long 2 short : Monitor or Display Card Error

1 long 3 short : Keyboard Error

1 long 9 short : BIOS ROM Error

Continuous long beeps : DRAM Error

Continuous short beeps : Power Error

 

 

 

KOMPUTER TIBA-TIBA MATI DAN RESTART SENDIRI

Penyakit yang satu ini paling sedikit diketahui orang awam yang tidak mengenal komputer. Mereka langsung menyimpulkan bahwa komputer rusak dan dibawa ke tukang service. Tetapi bila anda menjumpai error seperti itu jangan langsung membawanya ke tukang service, anda dapat memperbaikinya sendiri. Pada beberapa kasus masalah seperti ini disebabkan oleh Virus Komputer, baik itu Sasser, Blaster, ataupun RontokBro. Saran saya instal aplikasi antivirus ke PC anda, lalu updatelah virus definition dengan versi yang paling baru. Kemudian scan kesemua hardrive dikomputer anda. Untuk virus RontokBro, bila antivirus yang anda miliki tidak bisa mengatasinya, anda bisa merujuk cara membasminya secara manual melalui situs Vaksin.com .

 

 

 

KOMPUTER SERING HANG

Bila komputer sering hang saat booting dan sudah menginstall ulang Windows namun belum membawa hasil, jangan panik, karena permasalahannya dapat anda atasi sendiri. Penyebabnya bisa karena file yang rusak atau hilang. Dengan menyalin file config.sys bagi pengguna Windows 98 memang kadang bisa teratasi. Namun bila masih juga mengalami hang, sebabnya mungkin saja karena hardisk anda penuh atau hanya tersisa sedikit kapasitasnya. Coba hapus data dan aplikasi yang tidak perlu. Periksa pula kemungkinan kipas processor dan power supply kotor. Bersihkan kipas Processor dari kotoran debu yang menempel, begitu pula dengan power supply. Virus MBR (Master Boot Record) juga bisa menyebabkan PC tidak bisa menjalankan Windows.

 

Inilah sebagian permasalahan yang sering dihadapi para pengguna komputer. Semoga dapat membantu anda dalam menyelesaikan kerusakan yang anda alami. Jangan langsung membawa komputer ketukang service, cobalah perbaiki sendiri. Selain melatih diri kita dalam soal komputer juga mengirit biaya reparasi.

Donasi