MANGKE COMPANY

SITUS DAGANG DENGAN BERBAGAI ARTIKEL YANG MEMBANTU ANDA DALAM MENCARI KEBUTUHAN ANDA

ROH KUDUS

POSTINGAN 07 OKTOBER 2008

             Seperti yang sudah saya janjikan, saya akan membuat sebuah artikel singkat mengenai Roh Kudus. Biarlah Tuhan membantu saya menulis tentang Roh Kudus sehingga anda menjadi mengerti. Karena saya berharap Tuhan menyentuh hati setiap pembaca artikel ini untuk suatu tujuan manis yang dapat membuat perubahan dalam diri anda sebagai manusia, sehingga anda percaya dan yakin bahwa keselamatan hanya didalam Yesus Kristus.

 

"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

(yohanes 14:15-17)

 

             Sebelum Yesus Kristus naik kesorga, Dia menjanjikan akan menurunkan Roh Kudus sebagai pengganti diri-Nya yang akan menyertai setiap orang yang percaya kepada-Nya sampai akhir zaman. Sebab Tuhan tahu manusia membutuhkan pegangan agar tidak melenceng kekanan dan kekiri. Roh kudus pertama kali diturunkan disebuah tempat seperti dikisahkan didalam kitab Kisah Para Rasul 2:1-13. Pada saat itu Petrus bangkit bediri dan berkhotbah kepada orang banyak (Kis 2:14-40). Mendengar khotbah Petrus kira-kira 3000 jiwa bertobat dan percaya kepada Yesus.

 

             Didalam Kekristenan peran Roh Kudus sangat penting bagi Anak-anak Tuhan untuk menjalani hidupnya setelah Yesus naik kesorga. Didalam Yoh 14:26 dikatakan “tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu”. Jadi dapat juga dikatakan Roh Kudus mempunyai fungsi sebagai penuntun Anak-anak Tuhan serta mengajarkan segala sesuatu yang pernah Yesus berikan selama Dia masih dalam Dunia ini, Sehingga setiap orang yang membaca kitab suci menjadi mengerti  serta memahami dan dapat menjalani hidupnya sesuai dengan Firman Tuhan.

 

Mengapa kita memerlukan Roh Kudus untuk memahami Firman Tuhan ?

Jawab : karena Firman Tuhan banyak berisi Perumpamaan yang tidak dapat diartikan dengan pikiran manusia. Untuk dapat anda mengerti maksud Tuhan melalui Firman-Nya yang anda baca, anda memerlukan Roh Kudus. Itulah salah satu alasan mengapa Yesus mengirim Roh Kudus kedalam dunia ini.

 

             Namun banyak orang yang salah mengartikan arti kedatangan Roh Kudus. Mereka mendefinisikan Roh Kudus adalah sosok nabi yang datang sesudah Yesus. Sekarang anda berpikir memakai logika anda. Menurut Firman Tuhan, Roh Kudus akan ada didunia ini sampai akhir zaman. Kalau itu merupakan wujud dari lahirnya seorang nabi, berarti dia akan hidup sampai akhir zaman. Kenyataannya sampai pada hari ini tidak ada nabi yang seperti itu, dan juga pada hari-hari yang akan datang. Jadi pemikiran mereka tentang Roh Kudus hanya berdasarkan logika mereka saja bukan berdasarkan pemikiran Ilahi. Sebab sudah saya jelaskan diatas bahwa Kitab Suci yang berasal dari Tuhan yang benar, tidak dapat diartikan dengan pemikiran manusia belaka, harus meminta pertolongan Tuhan. Anda sebagai Anak-anak Tuhan jangan merasa kecil hati jika ada orang yang meremehkan dan bahkan menghina Roh Kudus. Sebab mereka tidak mengenal Dia  dan tidak melihat Dia. Oleh karena itu orang yang tidak didalam Yesus tidak menerima Roh Kudus dalam pengertian apapun juga seperti penjelasan Kitab Suci.

 

             Banyak pernyataan karunia Roh apabila orang tersebut dipenuhi oleh Roh Kudus. Inilah karunia Roh itu :

·          Kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan.

·          Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.

·          Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh.

·          Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.

 

Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya (1 Korintus 12:7-11).

 

             Bila anda membaca ayat diatas, anda akan mengerti bahwa karunia Roh itu bukan hanya dengan berbahasa Roh. Banyak orang yang meyakini kalau orang yang dipenuhi Roh Kudus itu harus berbahasa Roh. Itu pendapat yang salah. Jangan terperangkap dengan pendapat seperti itu, anda akan terjebak kedalam kesesatan. Karena jelas melalui ayat diatas banyak karunia Roh yang dapat diterima orang, bukan hanya satu saja. Jadi apabila ada gereja yang mengartikan Roh Kudus itu harus berbahasa Roh, tegurlah pendeta itu dengan memberikan ayat diatas. Karena sebagai Anak-anak Tuhan kita harus menolong manusia yang tersesat dan meluruskannya kejalan Tuhan.

 

Jangan beranggapan hanya pendeta dan pemimpin agama saja yang dapat menerima Roh Kudus. Anda pun dapat menerima Roh Kudus. Asalkan anda hidup Kudus dihadapan-Nya dan melakukan Firman-Nya, maka secara otomatis Roh Kudus tinggal didalam hati anda. Bertobatlah carilah Yesus dan undang Dia masuk kedalam hati anda. Percayalah dengan iman anda kepada Yesus Kristus. Niscaya Roh Kudus akan tinggal didalam anda.

To contact us:

Phone: (+62341)9159125 (sms only)

E-Mail : Info@mangkecompany.net78.net

Donasi