MANGKE COMPANY

SITUS DAGANG DENGAN BERBAGAI ARTIKEL YANG MEMBANTU ANDA DALAM MENCARI KEBUTUHAN ANDA

MENJAGA DATA RAHASIA

POSTINGAN 16 AGUSTUS 2008

MENJAGA DATA RAHASIA

 

           Data yang sangat penting memang harus kita jaga. Kalau tidak, bisa-bisa data tersebut akan dicuri oleh orang lain. PC bisa jadi salah satu tempatnya. Namun ibarat rumah, PC juga harus kita jaga. Agar tidak sembarangan orang keluar masuk dan mengambil barang kepunyaan kita.

                 Saya akan membeberkan sejumlah teknik pengamanan dat dalam sistem operasi windows XP di tulisan ini. Walaupun demikian tidak ada sistem pertahanan yang sempurna, karna hampir selalu ada cara untuk membobolnya. Tetapi tidak ada salahnya kalau kita berhati-hati kan..

 

ENKRIPSIKAN DATA ANDA

                 Amankan data penting dalam USB flash disk atau pada hardisk dengan program pengacak sweperti Pretty Good Privacy (www.pgp.com). Program seperti ini bekerja dengan mengacak data dan memproteksinya. Sekali terpasang, anda bisa melindungi suatu file lewat context dalam windows explorer. Tersedia dalm empat versi, salah satunya freeware bila digunakan untuk keperluan pribadi.

 

PAKAI FASILITAS EFS

Windows XP punya fasilitas enkripsi data bawaan. Bukalah windows explorer, lalu klik kanan folder yang akan anda lindungi. Pilih menu properties pada context menu yang tampil. Klik tombol advanced pada tab general. Lihat dibagian “compress and encrypt attributes” centangi opsi encrypt contents to secure data.

Warna teks icon folder tersebut, subfolder dan file didalamnya akan berubah hijau, tanda sekarang terenkripsi. Silakan log off, dan masuklah ke XP dengan username lain. Anda tetap bisa melihat file dan folder tersebut, namun tidak bisa membukanya.

 

TAK TERLIHAT

                 Menyembunyikan file atau folder tertentu dari pandangan orang memang dapat dilakukan. Fasilitas hidden dalam boks properties salah satu contohnya. Namun, cara itu sudah umum diketahui orang. Dan bisa diset terlihat kembali melalui menu yang sama waktu kita menghidden file tersebut. Hanya menghilangkan tanda centangnya.

                 Ada beberapa program tambahan yang dapat menghilangkan file tanpa orang lain dapat mengotak-atiknya. Dan serasa lebih aman. Salah satunya magic folder (http://pc-magic.com) termasuk yang layak anda coba. Software tidak gratisan, jadi anda harus mengeluarkan sedikit kocek untuk memakainya. Namun disediakan masa trial 30 hari untuk anda mencobanya.

 

HAPUS RECENT DOCUMENTS

                 Setiap file yang anda buka terdaftar dalam folder My Recent Documents. Folder tersebut berguna mempersingkat waktu pengaksesan kembali suatu file. Tinggal klik start kemudian documents, daftarnya bakal tampak, dan bisa dipanggil dengan sekali klik. Namun untuk perkara kerahasiaan, fasilitas ini justru berbahaya.

                 Hapuus daftarnya sewaktu-waktu dengan mengklik kanan tombol start pilih properties, masuk ke tab start menu pada boks taskbar and start menu properties, klik customize. Klik tombol clear yang muncul di boks sesudahnya, lalu ok dan ok.

Agar lebih aman, hilangkan menu documents atau my recent documents dari menu start. Buka registry editor dengan mengklik start lalu run lantas ketik regedit. Masuklah kekunci HKEY_CURRENT_USER\software\microsoft\windows\CurrentVersion\Policies\Explorer. Tambahkan nilai DWORD baru dengan mengklik edit, new, Dword value. Beri nama NoRecentDocs, dan ok. Klik kanan nilai tersbut, pilih modify. Ketik data 1 pada kotak “value data”. Simpan pengaturan tersebut, dan restart, maka tak ada lagi menu documents pada start menu.

 

HILANGKAN JEJAK PEMAKAIAN APLIKASI

                 Ada sejumlah trik lain untuk meredakan ketakutan bahwa jejak aktifitas kita di PC begitu telanjang. Semuanya kita lakukan pada lokasi kunci yang sama, yaitu HKEY_CURRENT_USER\software\microsoft\windows\CurrentVersion\Policies\Explorer. Buat DWORD value baru dengan data 1 untuk masing-masing kode berikut :

NoStartMenuMFUprogramsList untuk menghapus daftar aplikasi yang kita jalankan baru-baru ini.

NoSMMyDocs untuk menghapus menu My Documents dari menu start.

NoSMMyPictures untuk menu My Pictures dari menu start.

NoRecentDocsHistory untuk memerintahkan semua program agar tidak mendata file apa saja yang anda buka.

 

CABUT DATA PENJELAJAHAN WEB

                 Interrnet juga berisi ranjau untuk privasi kita. Cookies, History, dan Active X, termasuk salah-satu yang harus kita waspadai. Para pemakai internet explorer tinggal mengakses halaman internet options untuk membersihkannya.

                 Klik menu tools kemudian internet options pada jendela utama internet explorer. Pada bagian “Temporary Internet Files” klik delete cookies dan clear history. Periksalah juga daftar active x yang ada di PC. Caranya buka windows explorer dan masuklah ke lokasi C:\WINDOWS\Downloaded Program Files. Andai ada yang mencurigakan, barulah anda boleh menghapusnya.

 

Udah dulu ya.. cape nulisnya. Krimkan e-mail dong mengenai artikel ini bila kalian suka atau tidak..

To contact us:

Phone: (+62341)9159125 (sms only)

E-Mail : Info@mangkecompany.net78.net

Donasi