MANGKE COMPANY

SITUS DAGANG DENGAN BERBAGAI ARTIKEL YANG MEMBANTU ANDA DALAM MENCARI KEBUTUHAN ANDA

MEREKAM SUARA MENGGUNAKAN KOMPUTER

POSTINGAN 06 SEPTEMBER 2008

To contact us:

Phone: (+62341)9159125 (sms only)

E-Mail : Info@mangkecompany.net78.net

Donasi

MEREKAM SUARA MENGGUNAKAN KOMPUTER

 

Mungkin suatu saat anda ingin merekam suara anda menggunakan komputer untuk sesuatu keperluan. Misalnya mengirim file suara anda untuk didengar tema dengan meng-attach file tersebut ke e-mail. Caranya sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

 

Pertama, yang harus anda miliki dikomputer anda adalah sound card, mikropon, dan speaker. Kemudian, pastikan sound card tersebut telah dikenal (ter-install dengan benar) oleh system.

 

Speaker dan mikropon harus terhubung ke sound card. Pastikan juga speaker dan mikropon terhubung ke sound card dengan benar sesuai dengan petunjuk yang tertera pada sound card tersebut. Sebagai contoh, penulis menggunakan SB PCI 128 dan Windows 98 SE. Namun tidak menutup kemungkinan dapat dilakukan di Windows XP. Langkah-langlahnya sebagai berikut :

 

1.    Bila sound card, speaker, dan mikropon telah terpasang serta sound card telah dikenali oleh komputer, klik Start>Setting>Control Panel>Multimedia.

2.    Klik icon Recording kemudian klik Option>Properties.

3.    Aktifkan Adjust Volume for recording.

4.    Pada Show the following volume control, aktifkan hanya Mikropon, klik OK, Option>Exit untuk kembali ke Multimedia Properties.

5.    Klik icon Playback>Option>Properties. Aktifkan Adjust volume for playback.

6.    Aktifkan volume control, cd, wave, dan line. Klik OK>Option>Exit>OK. Untuk keluar dari Multimedia Properties.

7.    Kemudia jalankan program untuk merekam suara yang bernama Sndrec32.Exe. file tersebut berada difolder Windows. Atau bisa juga lewat Start>Program>Accessories>Entertainment>Sound Recorder.

8.    Sekarang mulai merekam suara anda dengan mengklik tombol berwarna merah (Record). Sesaat tombol itu diklik, mulai anda merekam suara dengan menggunakan mikropon. Apabila anda telah merasa cukup merekam suara anda, klik tombol segiempat (Stop) yang berada disebelah tombol merah tadi.

 

Untuk mendengarkan hasil rekaman, klik tombol Seek to Start untuk memainkan suara dari awal. Kemudian klik Play. Simpanlah file suara ini dengan mengklik File>Save As. Kemudian berikan nama file.lalu klik Change untuk memilih jenis frekuensi suara agar ukuran file bisa lebih kecil. Klik menu Format lalu cari GSM 6.10>OK>save.

 

Sekarang anda telah memiliki file suara yang berakhiran wav. File tersebut dapat anda attach di e-mail atau sebagai nada dering di HP (handphone) anda. Selamat Mencoba..! dan jangan lupa berikan komentar mengenai posting ini.